Rawon Daging Sapi
Rawon Daging Sapi

Sedang mencari inspirasi resep rawon daging sapi yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal rawon daging sapi yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari rawon daging sapi, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan rawon daging sapi yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah rawon daging sapi yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Rawon Daging Sapi menggunakan 22 jenis bahan dan 11 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Rawon Daging Sapi:
  1. Siapkan 500 gr daging sapi + bag. Lemaknya
  2. Ambil Air
  3. Gunakan 2 batang sereh, geprek
  4. Gunakan 2 lembar daun salam
  5. Siapkan 7 lembar daun jeruk, sobek2
  6. Siapkan Bumbu halus
  7. Sediakan 11 siung bawang merah
  8. Gunakan 7 siung bawang putih
  9. Gunakan 6 buah kluwek
  10. Gunakan 1 ruas gede kunyit
  11. Siapkan 1 ruas kecil jahe
  12. Sediakan 4 butir kemiri
  13. Ambil 2 sdm ketumbar
  14. Siapkan 1 sdm jinten
  15. Ambil 1 sdm merica butir
  16. Gunakan Secukupnya garam
  17. Sediakan Secukupnya gula
  18. Ambil Topping
  19. Sediakan Kemangi
  20. Ambil Kecambah
  21. Siapkan Labu siam
  22. Gunakan Sambal terasi
Cara membuat Rawon Daging Sapi:
  1. Potong2 daging dan cuci bersih. Lalu masukkan daging, air secukupnya dan garam ke panci presto. Presto terlebih dulu daging selama sekitar 30 menit (mulai hitung waktu sejak pancinya bunyi).
  2. Lalu siapkan bumbu halus untuk rawon sambil menunggu daging selesai dipresto.
  3. Keluarkan dulu isi kluwek dgn cara memecahkan cangkangnya (me pake ulekan). Pilih kluwek yg berat n isinya ga keras, konsistensinya lembek kayak asem jawa gitu. Lalu rendam dulu dengan air panas.
  4. Lalu haluskan kluwek (air rendamannya dibuang) bersama bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri, lada jinten, kunyit, dan jahe.
  5. Panaskan minyak secukupnya, lalu tumis bumbu halus bersama dengan sereh, daun salam, dan daun jeruk + air secukupnya. Tumis2 hingga air menyusut dan bumbu kalis n harum.
  6. Jika bumbu sudah matang, masukkan ke dalam air rebusan daging, aduk rata.
  7. Tambahkan garam, gula, lada sesuai selera. Rebus sampai mendidih, tes rasa.
  8. Rebus daging bersama kuah rawon agak lama supaya bumbu meresap ke daging.
  9. Setelah rasanya pas, matikan kompor.
  10. Rawon siap disajikan bersama dengan toping2nya.
  11. Klo suka pedas, untuk bumbu halusnya bisa ditambahkan rawit/cabe keriting. Di sini aku ga pake cabe coz utk makan anakku jg yg umurnya masih 16 bulanan. Jd ga bisa pedes. Makanya tambahannya adalah sambal terasi yg pedesnya puooll.. Maknyus deh jadinya 😋

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Rawon Daging Sapi yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!