Wajik Gula Merah
Wajik Gula Merah

Anda sedang mencari inspirasi resep wajik gula merah yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal wajik gula merah yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari wajik gula merah, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan wajik gula merah enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.

Setiap kali da acara dirumah tak pernah terlewatkan membuat jajanan tradisional yang cukup digemari sebagian masyarakat. Lama gak bikin kok tiba tiba kepingin bikin wajik liat stok beras ketan didapur alhamdulillah cukup tinggal beli kelapanya aja 😅 yuk eksekusi aja. Begitu banyak kue yang dibuat dengan bahan dasar beras ketan, salah satunya ialah wajik.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah wajik gula merah yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Wajik Gula Merah memakai 11 jenis bahan dan 11 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Wajik Gula Merah:
  1. Gunakan Bahan A :
  2. Gunakan 500 gr beras ketan
  3. Sediakan 65 ml santan kara + air hingga total 300 ml
  4. Sediakan Bahan B :
  5. Gunakan 200 ml santan kara + air hingga total 500 ml
  6. Sediakan 2 batang kayu manis
  7. Gunakan 2 lembar daun pandan
  8. Siapkan 2 ruas jahe (sesuai selera)
  9. Ambil 280 gr gula merah
  10. Ambil 50 gr gula pasir
  11. Sediakan Secukupnya garam

Gula jawa akan membuat wajik menjadi berwarna coklat muda hingga coklat tua. Rebus air dengan gula merah, santan, daun pandan, dan garam hingga mendidih. Masukkan ketan kukus ke rebusan santan gula merah. Setelah dingin, kue wajik bisa dipotong-potong dan disajikan.

Cara membuat Wajik Gula Merah:
  1. Cuci bersih beras ketan, kemudian rendam kurang lebih 2 - 3 jam, boleh lebih. Kemudian buang airnya.
  2. Panaskan 300 ml santan hingga mendidih kemudian masukkan beras kedalam santan, aron hingga keset/santan habis meresap kedalan beras.
  3. Panaskan kukusan. Masukkan beras ketan kedalam kukusan. Kukus -+ 30 menit.
  4. Panaskan 500ml santan, gula merah, gula pasir dan kayu manis hingga gula benar2 larut.
  5. Kemudian disaring agar campuran santan gula bersih dari kotoran. Masukkan kedalam wajan.
  6. Panaskan lagi larutan gula tadi dan tambahkan jahe, garam dan daun pandan sambil diaduk hingga larutan sedikit kental.
  7. Masukkan ketan kedalam wajan yang berisi larutan gula tadi kemudian aduk hingga merata. Masak dengan api kecil sampai air wajik benar2 kering dan tidak lengket diwajan -+ 30 menit, kemudian matikan kompor. (kalau wajik sudah mulai berat diangkat berarti sudah matang dan boleh dipindahkan ke cetakan).
  8. Letakkan wajik diatas cetakan yang sudah dialasi daun pisang bersih (apa aja sesuai selera).
  9. Ratakan kemudian tutup dengan kain atau daun pisang agar bagian atas tidak terlalu kering.
  10. Diamkan hingga wajik dingin -+ 3 - 4 jam. Wajik siap dipotong. (Jangan taruh wajik didalam kulkas karena akan membuat tekstur wajik mengeras. Bertahan disuhu ruangan -+ 4 - 5 hari).
  11. Selamat menikmati.

Rebus air dengan gula merah, santan, daun pandan, dan garam hingga mendidih. Wajik salaman, dari resep warisan, dibuat dari bahan pilihan. Manis legitnya mengingatkan pada kampung halaman. Terdapat varian Gula Merah dan Wajik pandan hijau, manis dan wangi pandan pilihan. Tekstur kue wajik ini seperti beras yang belum masak, keras, tapi saat digigit akan terasa lunaknya.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan wajik gula merah yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!