Cenil kuah kinca
Cenil kuah kinca

Lagi mencari ide resep cenil kuah kinca yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal cenil kuah kinca yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Apabila cenil sudah megambang, angkat canil lalu tiriskan. Kuah kinca : Masukkan santan, gula pasir, gula jawa, garam, dan daun suji ke dalam panci (kalau saya ditambahkan air lagi agar lebih banyak kuahnya. Aduk hingga tercampur rata dan mendidih.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari cenil kuah kinca, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan cenil kuah kinca yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah cenil kuah kinca yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Cenil kuah kinca menggunakan 11 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Cenil kuah kinca:
  1. Gunakan 100 gr Tepung tapioka
  2. Ambil 20 gr Tepung terigu
  3. Siapkan 1 sdm Gula pasir
  4. Siapkan 1 sdt Garam
  5. Gunakan Pewarna makanan
  6. Siapkan Kuah kinca
  7. Siapkan 65 ml santan (sesuai selera)
  8. Siapkan 1 sdm gula pasir (sesuai selera)
  9. Siapkan Sejumput garam
  10. Siapkan Gula jawa 2 blok lingkaran yang kecil (sesuai selera)
  11. Ambil Daun suji atau daun pandan

Siapkan panci, masukkan semua bahan saus, rebus dengan api sedang hingga gula larut dan mendidih. Jika terlalu pekat tambahkan sedikit air panas agar agak encer. Kuah kinca akan lebih pekat jika telah dingin. Siapkan cenil di mangkuk, taburi kelapa dan guyur dengna saus kinca.

Langkah-langkah membuat Cenil kuah kinca:
  1. Campurkan tepung tapioka, terigu, gula, dan garam dengan air mendidih sedikit demi sedikit. Diadon hingga kalis. Apabila ingin membuat beberapa warna, adonan tadi dibagi kebeberapa warna yang ingin digunakan.
  2. Setelah itu adonan dibentuk sesuai keinginan. Siapkan panci yang telah berisi air panas untuk merebus adonan canil tadi. Apabila cenil sudah megambang, angkat canil lalu tiriskan.
  3. Kuah kinca : - Masukkan santan, gula pasir, gula jawa, garam, dan daun suji ke dalam panci (kalau saya ditambahkan air lagi agar lebih banyak kuahnya. Penambahan airnya sesuai selera). Aduk hingga tercampur rata dan mendidih. (Untuk penambahan gula pasir dan gula jawa bisa sesuai takaran masing-masing ya)

Ceburkan cenil di mangkuk berisi kelapa parut kukus, aduk rata. Membuat saus kinca: Siapkan panci, masukkan semua bahan saus, rebus dengan api sedang hingga gula larut dan mendidih. Jika terlalu pekat tambahkan sedikit air panas agar agak encer. Kuah kinca akan lebih pekat jika telah dingin. Cenil siap dimakan dengan disiram kuah kinca.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat cenil kuah kinca yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!